Minggu, 03 Januari 2010

Renungan Harian

40 Baca: Kisah Para Rasul 1:1-5
Ayat Mas: Kisah Para Rasul 1:3
Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 3-5

Angka 40 kerap muncul di Alkitab. Mo­men-momen yang menentukan dalam hi­dup Musa sampai dengan saat ia me­ning­­gal ditandai dengan usia kelipatan 40. Sebelum masuk ke tanah Kanaan, umat Is­rael mengembara selama 40 tahun di pa­dang gurun. Setelah berpuasa 40 hari di gu­­run, Iblis datang untuk mencobai Yesus. Sesudah kebangkitan dan sebelum kenaik­an-Nya ke surga, Tuhan menam­pakkan diri kepada para murid selama 40 hari. A­da apa dengan angka 40 ini?

Rupanya angka ini senantiasa me­nan­dai masa persiapan sebelum da­tang­nya babak baru dalam kehidupan sese­orang, umat Tuhan, atau bahkan dunia ciptaan-Nya. Saat Yesus menam­pak­kan diri selama 40 hari kepada para murid-Nya, hal itu merupakan masa persiapan di mana kelak Yesus tidak akan lagi hadir di antara mereka dalam wujud fisik. Dia akan kembali surga. Dia akan hadir dalam wujud yang baru, yakni Pribadi Roh Kudus. Itulah yang menandai babak baru bagi pekabaran Injil ke seluruh dunia, melalui kemitraan antara Roh Yesus dengan “tubuh-Nya” (Gereja Tuhan). Jelas bahwa pada masa 40 hari itu, aktivitas begitu padat dengan pendi­dik­an yang disampaikan “berulang-ulang” kepada para murid demi mem­­per­siapkan datangnya babak baru tersebut.

Segala hal yang baik dalam kehidupan ini selalu memerlukan masa persiapan. Persiapan yang baik menentukan datangnya hasil yang baik. Semakin matang persiapan, semakin besar potensi sukses. Kalau Tuhan saja bekerja dengan persiapan, apalagi kita. Ma­rilah kita melakukan apa saja dengan persiapan yang memadai. Jangan asal-asalan atau seadanya. Jangan suka meremehkan. Per­si­ap­an itu penting.

DATANGNYA KEBERHASILAN MASA DEPAN DITENTUKAN JUGA OLEH PERSIAPAN MASA SEKARANG

Penulis: Pipi Agus Dhali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar